Uncategorized

15 Rekomendasi Masakan Indonesia Paling lezat dan Populer

 

Kelezatan makanan khas Indonesia bukan hanya dapat memanjakan lidah kita saja, ternyata ada banyak makanan khas Indonesia yang juga cocok di lidah para wisatawan asing. Cita rasa dari rempah-rempah merupakan salah satu kuncu dari kelezatan masakan Indonesia.

Lalu ada apa saja makanan khas Indonesia yang populer di masyarakat atau pun di lidah turis asing? Berikut adalah 15 rekomendasi masakan Indonesia yang lezat dan populer.

Makanan Khas Indonesia yang Populer

1. Rendang

Rendang merupakan makanan yang berbahan dasar daging dan berasal dari Sumatera Barat. Ini merupakan makanan dari olahan daging atau telur yang dimasak dalam suhu rendah, namun dengan waktu yang lama. Hal ini membuat rempah-rempah dan santan yang dimasak bersama daging menjadi menyerap hingga ke dalam daging meski potongan daging tebal.

2. Sate

Ada banyak jenis sate di Indonesia, namun dua jenis sate yang populer adalah sate Madura dan sate Padang. Daging yang biasa digunakan dalam sate adalah daging sapi, ayam, dan kambing. Untuk sate Madura, bumbu yang digunakan adalah bumbu kacang, sedangkan sate padang menggunakan bumbu khas Padang yang membuat rasa dari kedua makanan ini berbeda.

3. Nasi Goreng

Siapa yang tidak mengenal nasi goreng? Ini merupakan makanan yang sudah sangat populer di seluruh dunia. Makanan berbahan utama nasi putih ini merupakan nasi matang yang digoreng dengan rempah-rempah dan biasa menggunakan kecap, membuat rasanya menjadi terasa unik ketika menyentuh lidah. Selain itu, terkadang nasi goreng juga disajikan dengan seafood atau daging-dagingan.

4. Bakso

Bakso merupakan makanan yang cocok dimakan kapanpun, terutama saat cuaca sedang dingin. Ini merupakan makanan yang berupa daging yang digiling, lalu diolah sedemikian rupa hingga menjadi bakso. Kuah dari bakso merupakan kaldu dengan rasa yang ringan, membuatnya cocok untuk disantap saat sedang ingin merasakan kehangatan.

5. Soto

Selain sate, soto juga merupakan salah satu makanan khas Indonesia yang memiliki berbagai jenis di Indonesia. Seperti soto betawi, soto daging, soto tangkar, dan masih banyak lainnya. Daging yang sering digunakan pada soto adalah daging sapi dan daging ayam. Namun tak jarang ada pula soto yang menggunakan daging babi dan daging kambing.

6. Rawon

Rawon merupakan masakan khas Indonesia yang menggunakan daging dan memiliki kuah berwarna hitam. Makanan ini menggunakan bumbu dengan campuran khas, seperti kluwek. Meski dikenal merupakan makanan khas dari Jawa Timur, namun rawon merupakan salah satu makanan yang dapat dengan mudah ditemukan di luar pulau Jawa.

7. Gado-Gado

Kerap kali disebut dengan saladnya orang Indonesia, gado-gado adalah jenis makanan yang merupakan gabungan dari berbagai sayur-sayuran dan bumbu kacang. Sayuran yang digunakan adalah sayuran yang sudah dimasak lebih dahulu, lalu baru disantap. Berbeda dengan karedok yang menggunakan gabungan sayuran yang rata-rata masih mentah.

8. Nasi Padang

Nasi Padang adalah makanan khas Sumatera Barat yang berisi berbagai macam lauk di dalamnya. Ada banyak jenis lauk yang dapat menjadi pilihan ketika datang ke rumah makan Padang, seperti rendang, ayam bakar, ayam goreng, dendeng balado, dan masih banyak lainnya. Salah satu faktor yang membuat orang suka dengan nasi padang adalah karena rasanya yang lezat, harga terjangkau, namun porsi tetap melimpah.

9. Gulai Ayam

Gulai ayam merupakan makanan khas Sumatera yang biasanya menggunakan gabungan rempah-rempah khas Nusantara. Biasanya orang akan menyantap gulai ayam dengan nasi hangat. Jarang sekali orang kecewa dengan rasa gulai ayam, karena ini merupakan makanan favorit segala usia.

10. Pempek

Pempek adalah makanan khas Palembang yang cocok dijadikan camilan. Makanan ini akan disajikan bersama dengan cuko. Pempek sendiri merupakan makanan yang terbuat dari daging ikan yang digiling lembut, lalu dicampur dengan kanji atau tepung sagu serta beberapa komposisi lainnya.

11. Gudeg

Jika datang ke Yogyakarta tanpa konsumsi gudeg, rasanya seperti ada yang kurang. Gudeg merupakan hidangan khas dari DIY yang terbuat dari nangka muda dan dimasak menggunakan santan. Butuh waktu lama untuk membuat gudeg, sehingga proses yang dilakukan untuk memasak gudeg pun berjam-jam. Biasanya warna coklat dari gudeg berasal dari daun jati yang dimasak bersamaan.

12. Bebek Betutu

Tidak ke Bali rasanya jika tidak makan bebek betutu. Ini merupakan makanan dengan bahan dasar bebek berisi bumbu, dan dimasak dengan cara dipanggang di dalam api sekam. Makanan khas Bali ini merupakan jenis makanan yang bahan mentahnya adalah karkas utuh itik dan ayam.

13. Ayam Rica-Rica

Ayam rica-rica merupakan makanan khas Manado, di mana rica sendiri memiliki arti pedas atau cabai. Ada banyak cara untuk memasak ayam rica-rica, yang membuat ayam rica-rica sama adalah rasanya yang pedas.

14. Woku Belanga

Woku belanga merupakan makanan khas Minahasa yang terbuat dari beragam bumbu dan bahan. Itulah yang membuat rasa dari makanan ini sangat beragam, mulai dari pedas, asam, gurih, segar, dan bahkan harus. Makanan ini biasanya diisi dengan berbagai protein hewani, termasuk ikan.

15. Sate Ulat Sagu

Terakhir yang akan kami bahas adalah sate ulat sagu, di mana ini merupakan makanan khas Papua. Ulat sagu adalah ulat yang berasal dari pohon sagu yang sudah membusuk. Meski terlihat menjijikkan, namun ulat sagu merupakan makanan yang kaya akan protein dan cocok untuk dimakan oleh para penderita diabetes.

Nah, itulah beberapa jenis makanan khas Indoesia yang lezat dan populer.