Teka-Teki Kepala dan Wakil Otorita IKN Kompak Mundur

Kepala Otorita Ibu Kota Nusantara (IKN) Bambang Susantono dan wakilnya, Dhony Rahajoe kompak menyuarakan mundur dari jabatannya. Kabar mundurnya duet pemimpin Otorita IKN ini dibongkar Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno.

Pratikno menuturkan, mundurnya Bambang dan Dhony dari jabatan Kepala dan Wakil Kepala Otorita IKN sudah disetujui oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada hari ini, Senin (3/6/2024).

“Hari ini sudah terbit surat pemberhentian dengan hormat untuk Pak Bambang dan Pak Dhony selaku ketua dan wakil otorita IKN disertai ucapan terima kasih dari Pak Presiden,” kata Pratikno di Kantor Presiden, Jakarta, Senin.

Hari ini juga, Presiden Jokowi menunjuk Menteri Pekerjaan Biasa dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono slot77 login dan Wakil Menteri Agraria dan Tata Ruang (Wamen ATR) Raja Juli Antoni sebagai Pelaksana Tugas (Plt) Kepala dan Wakil Kepala Otorita IKN menggantikan Bambang dan Dhony.

“Tadi beliau-beliau (Basuki dan Raja Juli) dipanggil supaya dalam status sebagai Plt ini langsung menjamin percepatan pembangunan IKN dengan sebaik-baiknya, dengan visi semulai yaitu tetap tetap pada agenda Nusa Rimba Raya dan tentu memberikanan manfaat positif untuk kita seluruh,” sebut Pratikno.

Tapi demikian itu, Pratikno tak mengungkap alasan Bambang Susantono dan Dhony Rahajoe kompak mundur dari jabatan Kepala dan Wakil Kepala Otorita IKN. “Tak dijelaskan (alasannya),” katanya singkat.

Meski demikian itu, dia menampik pendapat bahwa mundurnya Bambang dan Dhony dikerjakan mendadak, secara khusus jelang peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan ke-79 Republik Indonesia (RI) yang rencananya akan digelar di IKN.

“Ia sudah lama pembicaraan (harapan untuk mundur), namun surat (sah mundur) memang baru (disetujui Jokowi),” kata Pratikno.

Tapi menyebut, permohonan pengunduran diri lebih dahulu diajukan oleh Dhony Rahajoe sebagai Wakil Kepala Otorita IKN.

“Kemudian beberapa waktu selanjutnya Pak Presiden juga mendapatkan surat permohonan pengunduran diri dari Bapak Bambang Susantono sebagai Kepala Otorita IKN,” ujar Pratikno. Tapi baru hari ini surat pengunduran keduanya sah direstui Jokowi.

Tugas Baru Bambang Susantono
Lebih lanjut, Pratikno menyuarakan, Bambang Susantono tetap mendapatkan tugas dari Presiden Jokowi berakhir mundur dari jabatan Kepala Badan Otorita IKN. Tugas barunya yaitu membantu langsung Jokowi untuk memperkuat kerja sama internasional bagi percepatan pembangunan IKN.

“Pak Bambang Susantono akan dikasih penugasan baru, membantu langsung Bapak Presiden untuk memperkuat kerja sama internasional bagi percepatan pembangunan IKN,” kata Pratikno lewat pesan singkat kepada wartawan, Senin (3/6/2024).

Perlu diketahui, Bambang Susantono dan Dhony Rahajoe dilantik Presiden Joko Widodo pada Maret 2022. Artinya, keduanya sudah menjabat sekitar 2 tahun hingga ketika ini.

Upacara HUT ke-79 RI Dapat Digelar di IKN
Penjabat (Pj) Gubernur Jakarta sekalian Kepala Sekretariat (Kasetpres) Heru Budi Hartono mengatakan, upacara peringatan HUT ke-79 RI tetap akan digelar di IKN, Kalimantan Timur pada 17 Agustus 2024.

“Kami mempersiapkan skenario di Jakarta dan IKN. Ia digunakan dua-duanya,” kata Heru di Balai Kota DKI Jakarta, Senin (3/6/2024).

Tapi menentukan, mundurnya Bambang Susantono dan Dhony Rahajoe tak akan berakibat pada proses peringatan HUT ke-79 RI di IKN. “Intinya HUT RI juga dikerjakan di IKN,” ujar Heru.

HUT ke-79 RI di Ibu Kota Nusantara menjadi peringatan kemerdekaan pemungkas di masa jabatan Presiden Joko Widodo atau Jokowi.

Dalam agenda rapat yang dipimpin oleh Mensesneg Pratikno beserta jajaran beberapa waktu lalu, dibahas sejumlah persiapan kegiatan di IKN, mulai dari agenda upacara, penetapan lokasi upacara, waktu proses, rinci jumlah pasukan, hingga tamu undangan.

Heru mengatakan, Presiden Jokowi rencananya bakal bertolak ke IKN pada besok, Selasa 4 Juni 2024. Kunjungan itu dikerjakan salah satunya untuk mengecek persiapan IKN jelang perayaan HUT ke-79 RI. ” Pak Presiden meninjau ke lokasi,” kata Heru.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *