Destinasi Liburan Kuliner Enak di Jambi, Rasanya Bukan Maen

Jambi yaitu sebuah provinsi di Indonesia yang terletak di kawasan pesisisr timur di komponen tengah pulau Sumatera. Provinsi ini memiliki berbagai pesona meskipun lokasinya di apit oleh provinsi besar lainnya. Salah satu hal yang menarik di Jambi yaitu destinasi wisata, kuliner sampai kebudayaan yang kental. Kuliner dari Jambi memang familiar lezat lantaran selalu mementingkan bumbu dan mengunakan berbagai rempah-remoah dalam pengolahannya. Untuk Anda yang tinggal di luar Jambi, berikut 7 kuliner khas Jambi yang patut Anda coba kala berkunjung kesana.

  1. Nasi Gemuk Salah satu kudapan khas masyarakat Jambi yaitu Nasi Gemuk. Lazimnya orang Jambi lazim mengkonsumsinya di pagi hari sebagai menu sarapan. Untuk Anda yang belum mengenal nasi gemuk yaitu sebuah kudapan spaceman slot mirip seperti nasi uduk Betawi. Namun, meskipun memiliki kemiripan buktinya nasi gemuk dan nasi uduk tidakllah benar-benar serupa.

yang membedakan nasi gemuk dengan nasi uduk yaitu cita rasa nasinya sampai lauk pauk komplemen. Lazimnya nasi gemuk akan dilengkapi dengan lauk berupa telur dadar yang diris atau terus rebus, teri,ebi , kacang goreng, bihun goreng, bawang goreng dan sambal merah ulek.

  1. Tempoyak

Sama seperti provinsi di sekitarnya Lampung, Riau dan Sumatera Selatan Jambi juga memiliki makanan khas daerahnya bernama tempoyak. Makanan ini berasal dari fermentasi buah durian. Lazimnya tempoyak disampaikan bersama nasi putih. Kecuali itu, tempoyak juga kerap kali kali diolah dsebagai bumbu kuliner oleh orang Jambi. Ditambahkan ke dalam sambal atau gulai, akan membikin kuliner semakin lezat. Oleh sebab itu, tempoyak yaitu salah satu ragam makanan khas Jambi yang patut dicoba. 

  1. Gulai Tepek Ikan

Salah satu makanan tradisional yang ada di Jambi yaitu Gulai Tepek Ikan. Makan ini memiliki rasa gurih dan sedap lantaran dimasak dengan bumbu gulai. Untuk ikanny sendiri pada umumnya masyarakat Jambi kerap kali kali mengaplikasikan ikan gabus atau ikan tenggiri.

Sebelum dibumbui dengan gulai, ikan khususnya dulu diolah dengan adonan tepung sagu dan bawang putih mirip seperti pempek.   Imbas progres hal yang demikian maka makanan ini lebih diketahui dengan nama tepek.  Di Jambi, gulai tepek ikan termasuk makanan sakral yang cuma disampaikan pada kesempatan khusus.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *