Profil Tim Piala Eropa 2024: Polandia Berambisi Terbang Lebih Tinggi

Tim nasional Polandia bakal melakoni partisipasi kelima secara beruntun ketika ambil komponen pada Euro 2024. Tim berjuluk The Eagles ini berharap dapat menghasilkan sejarah baru.

Dalam turnamen kali ini, timnas Polandia menghadapi persaingan sengit melawan Belanda, Austria, dan Prancis di Grup D. Perlombaan pembukaan mereka akan menjadi ujian sejati ketika berhadapan dengan Belanda di Volksparkstadion, Minggu (16/6/2024) mendatang

Sedangkan belum pernah pemenang Piala Eropa, Polandia mempunyai budaya panjang di sepak bola. Mereka tercatat dua kali menduduki peringkat tiga Piala Dunia.

Uniknya, rapor terbaik Polandia di Euro hanyalah mencapai babak 8 besar. Mereka menorehkan itu pada edisi 2016 ketika keok adu pinalti melawan Portugal.

Sesudah gagal mencontoh Piala Eropa pada generasi emas regu 1970-an dan 1980-an, Polandia sekarang jadi member tetap spaceman slot turnamen tersebut sejak 2008. Mereka malah sempat jadi tuan rumah bersama Ukraina empat tahun berjeda, menandai peristiwa yang bersejarah bagi negara tersebut.

Kini, dengan skuad yang dipenuhi dengan talenta dan dipimpin oleh manajer berpengalaman, Polandia bersiap untuk merubah sejarah mereka di Piala Eropa 2024.

Pemain Kunci Polandia: Robert Lewandowski

Robert Lewandowski ialah pemain sepak bola yang ketika ini bermain sebagai penyerang bagi klub LaLiga FC Barcelona. Menjabat sebagai kapten regu nasional Polandia, dia dianggap sebagai salah satu striker terbaik sepanjang masa, serta salah satu pemain tersukses dalam sejarah Bayern Munchen.

Ia telah mencetak lebih dari 600 gol karir senior untuk klub dan negara serta mengatasi rekor Gerd Muller, seorang legenda sepak bola Jerman yang sempat tidak tertandingi selama 49 Tahun.

Pada pentas internasional, Lewandowski mengawali karier bersama regu U-21 Polandia. Ia lalu melakoni debut di regu senior pada 10 September 2008, tiga minggu sesudah genap berusia 20 tahun. Tampil sebagai substitusi, Lewandowski langsung mencetak satu gol.

Pelatih Polandia: Michal Probierz

Michal Probierz resmi gantikan Fernando Santos sebagai kepala pelatih timnas Polandia pada 2023. Ia bukanlah sosok asing dalam dunia sepak bola Polandia.

Sebelumnya, Probierz sukses meraih kesuksesan dengan memenangkan Piala Polandia dan Piala Super dua kali bersama Jagiellonia Bialystok dan Cracovia. Melainkan, lebih dari sekedar prestasi klub, Probierz telah membuktikan kesanggupannya dalam mengoptimalkan talenta-talenta muda sebagai pelatih timnas U-21 Polandia sejak Juli 2022.

Dikala menjelang peran barunya sebagai pelatih senior Polandia, Probierz membawa semangat baru dan visi yang jelas untuk mengangkat prestasi regu tersebut ke level yang lebih tinggi. Dengan pengalaman dan pengetahuannya yang luas perihal sepak bola Polandia, dia berambisi untuk menyusun skuat yang kuat dan kompetitif untuk berkompetisi di tingkat internasional.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *