Kuliner Legendaris Khas Jogja yang Wajib Kamu Coba

Kuliner Legendaris Khas Jogja yang Wajib Kamu Coba

Menikmati kala bersama dengan menelusuri keindahan Yogyakarta memang tak bakal ada habisnya.

Tak cuma menaruh banyak tempat wisata login rajazeus yang indah dan menakjubkan, Yogyakarta ternyata punya ragam sajian kuliner yang menggoyang lidah lho, Sobat Pesona!

Ada bervariasi kuliner legendaris khas Jogja bersama dengan cita rasa manis, gurih, dan pedas yang dijamin sanggup menggugah selera Sobat Pesona. Nah, jika Sobat Pesona punya konsep liburan ke Jogja sesudah pandemi nanti, sempatkan mencicipi 5 kuliner Jogja legendaris yang rasanya uenak tenan (enak sekali) ini, ya!

1 | Lumpia Samijaya

Jika Sobat Pesona menyusuri Jalan Malioboro, sempatkanlah untuk mampir dan mencicipi lumpia Samijaya, kuliner legendaris Jogja. Warung kecil yang sudah berdiri dari tahun 1970-an ini menyajikan camilan lumpia goreng bersama dengan cita rasa gurih dan bakal lebih enak dinikmati kala tetap hangat. Lumpia Samijaya baru bakal digoreng kala Sobat Pesona memesannya, jadi kriuk renyahnya tetap bakal terasa. Ada varian ayam dan telur puyuh spesial yang sanggup Sobat Pesona coba. Kuliner Jogja ini pas banget dinikmati sebagai camilan kala mengamati hiruk pikuknya Jalan Malioboro.

Alamat : Jl. Malioboro No. 18, Yogyakarta
Jam buka: 08.00 – 21.00 WIB

2 | Kopi Joss Angkringan Lik Man

Menikmati malam di Jogja tak lengkap rasanya tanpa nikmati seruputan kopi hangat racikan Lik Man. Sobat Pesona penikmat kopi, pasti bakal terlena bersama dengan aroma semerbak yang berasal dari perpaduan kopi dan gula didalam air mendidih ini. Yang membuat kopi ini unik adalah sajian kopi ditambahkan arang membara yang disita langsung dari tungku. Nah, arang membara ini bakal membuahkan asap dan buih terhadap kopi, serta nada khas, joss!

Selain kopi, Angkringan Lik Man terhitung sediakan ragam camilan dan aneka gorengan, seperti sate usus ayam dan sate telur puyuh. Rasakan sensasi duduk lesehan sambil menyeruput kopi dan menyantap camilan di tengah situasi malam Jogja yang menenangkan!

Alamat : Jl. Wongsodirjan, Yogyakarta
Jam buka: 14.00 – 02.00 WIB

3 | Wedang Ronde Mbah Payem

Saat semangkuk wedang ronde yang diracik oleh Mbah Payem tersaji di hadapan Sobat Pesona, semerbak aroma jahe membuat minuman hangat ini begitu memunculkan selera. Berbeda bersama dengan wedang ronde lainnya, wedang ronde Mbah Payem diramu bersama dengan gunakan cara yang tetap tradisional. Bahkan, tepung beras yang jadi bahan isian wedang ronde, bukan tepung siap saji yang dijual di pasaran lho, melainkan ditumbuk sendiri. Karena rasa dan aromanya yang khas, Wedang Ronde Mbah Payem ini patut Sobat Pesona cicipi kala menghabiskan malam yang panjang di kota Jogja, ya!

Alamat : Jl. Kauman, Ngupasan, Kec. Gondomanan, Yogyakarta
Jam buka: 19.00- 02.00 WIB

4 | Oseng Mercon Bu Narti

Sobat Pesona yang bahagia bersama dengan kuliner bercita rasa pedas, perlu mencicipi oseng mercon Bu Narti nih, kala ke Jogja! Hidangan jeroan sapi yang dibumbui cabe rawit ini dinamai mercon (petasan), dikarenakan punya cita rasa yang super pedas. Pas banget nih, jika dinikmati bersama dengan nasi putih yang hangat. Pasti bikin Sobat Pesona ketagihan deh! Konon, didalam satu hari, Bu Narti menghabiskan sekitar 50 kilogram jeroan dan 6-10 kg cabe rawit, lho! Hebat, kan?

Alamat : Jl. KH. Ahmad Dahlan Jl. Purwodiningratan No.110, Ngampilan,Yogyakarta
Jam membuka : 18.00-24.00 WIB

5 | Jajan Pasar Mbah Satinem

Kuliner Jogja bersama dengan cita rasa manis dan gurih khas Jawa sanggup Sobat Pesona temukan kala membeli jajan pasar Mbah Satinem. Dalam satu bungkusan daun pisang, Sobat Pesona sanggup nikmati lupis, gatot, tiwul, dan cenil. Apalagi bersama dengan taburan parutan kelapa dan terhitung juruh (kuah dari gula merah), yang membuat jajanan pasar ini lebih istimewa rasanya. Jajan pasar Mbah Satinem ini sanggup dijadikan alternatif sarapan pagi sebelum Sobat Pesona berkeliling kota Jogja, lho! Datang pagi-pagi ya Sobat Pesona, sehingga tidak mengantri amat lama kala bakal membeli jajan pasar Mbah Satinem.

Alamat : Jl. Bumijo No.52-40, Bumijo, Kec. Jetis, Yogyakarta
Jam buka: 05.00-09.00 WIB

Dengan citarasa yang khas dan terhitung lezat, kuliner legendaris di atas bikin liburan Sobat Pesona di Jogja jadi lengkap.

Nah, dikala nanti pandeminya sudah usai, Sobat Pesona berlibur #DiIndonesiaAja, ya! Karena, selain tetap banyak destinasi yang perlu Sobat Pesona eksplorasi, Sobat Pesona terhitung secara tidak langsung turut menunjang memunculkan ulang pariwisata di negeri kita tercinta.

Jangan lupa juga, berkunjunglah ke Jogja untuk nikmati aneka hidangan kuliner yang menggoyang lidahnya, ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *