Cita Rasa Makanan Khas Sunda yang Ga Akan Pernah Mati

Indonesia kaya bakal keberagaman, baik budaya, suku, sampai kuliner. Biacara soal kuliner, Sunda miliki bervariasi masakan yang dikenal hampir di semua daerah. Rasanya yang khas dan unik hampir menghipnotis lidah pecinta kuliner nusantara.
Kuliner Sunda? Susah banget membuat menahan godaan berasal dari makanan yang satu ini. Rasa gurih dan segar yang khas mengakibatkan penikmatnya ketagihan. Tidak heran kecuali makanan khas Sunda yang unik miliki banyak penggemar. Meskipun waktu ini telah banyak makanan kekinian yang populer, makanan ini tetap selamanya ramai di pasaran dan diminati oleh beragam kalangan.

Berikut ini makanan Sunda yang selamanya jadi favorit.

Lotek

Makanan khas Sunda yang satu ini paling ringan ditemui. Ciri khas masakan Sunda yang paling tenar adalah memanfaatkan sbobet bahan utama sayuran segar. Nah, Lotek ini terbuat berasal dari sayuran segar kangkung, toge, dan kembang kol yang direbus. Biasanya rumah makan khusus mengimbuhkan sayuran layaknya bayam, kacang panjang, atau kapri.

Lotek dihidangkan bersama dengan sayuran rebus yang dicacah, lantas di atasnya dilumuri bumbu kacang. Biasanya ditambah bersama dengan toping kentang rebus dan sedikit tambahan kencur. Buat Ladies yang penasaran bersama dengan Lotek, makanan ini lebih enak dimakan bersama dengan lontong. Biar malah kriuk, menentukan kripik udang sebagai kawan makan.

Karedok

Makanan khas Sunda yang unik ini sekilas hampir mirip bersama dengan Lotek. Bedanya sayuran segar yang digunakan untuk mengakibatkan Karedok tidak direbus terlebih dahulu. Sayuran yang digunakan untuk bahan Karedok lebih bervariasi layaknya kubis, timun, toge, terong hijau kecil, basil, dan kacang-kacangan.

Bumbu kacang tanah pada Karedok miliki tingkat kepedasan tertentu. Makanan ini paling enak disantap bersama dengan nasi hangat, tahu, tempe, atau kerupuk. Penasaran perbedaan Karedok dan Lotek, Ladies baru bisa menilai kecuali telah mencicipi kedua masakan ini sendiri.

Bapatong

Selain terletak pada bahan dan bumbunya, ciri khas masakan Sunda juga ditandai bersama dengan penyingkatan namanya. Salah satunya ya Bapatong yang merupakan kependekan berasal dari Bakso Ketupat Lontong. Para pecinta Bakso, mesti banget coba makanan Sunda yang satu ini. Bakso yang satu ini dimasak bersama dengan cara yang berbeda, yaitu dimasak memanfaatkan wadah gentong.

Cita rasa berasal dari Bapatong juga berlainan berasal dari Bakso lainnya. Biasanya Bakso dihidangkan bersama dengan kuah bening. Bapatong dihidangkan bersama dengan kuah kaldu sapi yang ditambah bersama dengan pangsit, mie kering, dan daging iga sapi. Dan ulang tidak ketinggalan ketupat yang dipotong dadu. Ladies, nggak kebayang kan nikmatnya Bapatong sebetulnya membuat ngiler.

Kadedemes

Kadedemes di dalam bhs Sunda berarti semacam ungkapan sayang bersama dengan barang bekas yang tidak terpakai. Tapi, Ladies jangan tidak benar ya! Kadedemes bukan masakan yang terbuat berasal dari barang bekas lho. Lebih tepatnya makanan khas Sunda yang unik ini terbuat berasal dari kulit singkong yang di tumis bersama dengan cabe merah, cabe hijau, bawang merah, bawang putih, kemiri, dan tomat.

Kadedemes bisa disantap bersama dengan atau tanpa nasi. Ladies, tentu penasaran banget kan bersama dengan kulit singkong yang diolah. Coba berkunjung ke tanah Pasundan dan langsung menikmati masakan Sunda yang satu ini.

Bakakak Hayam

Makanan Sunda yang miliki nama memadai lucu ini merupakan kuliner unggulan Jawa Barat. Berbagai type rempah pilihan jadi ciri khas masakan Sunda ini. Bakak Hayam terbuat berasal dari dada ayam yang dibelah dan dilumuri bersama dengan bumbu rempah-rempah, lantas dipanggang.

Biasanya, Bakak Hayam juga berupa ayam utuh yang dipanggang bersama dengan bumbu rempah. Hidangan ini paling nikmat dimakan bersama dengan nasi hangat dan aneka sambal layaknya sambal hijau, sambal merah, sambal cibiuk, atau sambal khas Sunda lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *