Makanan Khas Zaman Kerajaan, Sederhana tapi Kelezatannya Mewah

Apa yang kau pikirkan saat ditanya soal makanan khas kerajaan Indonesia? Rendang, steak, atau makanan-makanan mewah dan sedap lainnya? Dapat jadi benar, makanan-makanan di bawah ini mewah pada zaman kerajaan dulu. Tapi sekarang, seluruh orang bisa menikmatinya karena dijual di pinggir jalan atau minimarket dengan harga murah meriah. Apa saja ya?1. Sagu

Terbukti bukan beras yang menjadi makanan pokok Indonesia pada zaman kerajaan, tapi sagu. Tulisan ini dikenalkan oleh peneliti sagu Indonesia, Nadirman Haska, setelah memandang bukti relief di Candi Borobudur yang menceritakan palma kehidupan merupakan nyiur, lontar, aren, dan sagu.

  1. Dendeng

Daging yang dipotong tipis-tipis mahjong slot berupa lembaran, lalu dikasih bumbu ini terbukti sudah eksis sejak tahun 901 Masehi. Tulisan itu diterangkan oleh Prasasti Taji dari Kerajaan Medang.

  1. Olahan daging

Raja-raja zaman dulu benar-benar suka mengkonsumsi pelbagai jenis olahan daging. Mulai dari daging kerbau, lembu, kambing, kijang, dan lain-lain. Biasanya olahan daging hal yang demikian dikenalkan dengan umbi-umbian, jagung, dan sayur.

  1. Wajik

Wajik termasuk camilan zaman Kerajaan Majapahit. Tulisan ini tertulis dalam kitab Nawa Ruci. Wajik sendiri merupakan jajanan tradisional yang terbuat dari ketan, kemudian dimasak dengan gula merah sampai mengental berwarna kecokelatan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *